TENTANG PROBIOTIK

13.05 Abimanyu 0 Comments

Probiotik adalah mikroba positif atau bakteri baik, bakteri bersahabat yang menguntungkan tubuh. Dari hasil penelitian para ahli, probiotik memiliki manfaat seperti menekan pertumbuhan bakteri patogen/bakteri jahat sehingga melindungi tubuh dari :
  1. Penyakit Infeksi
  2. Meningkatkan stamina
  3. Mengendalikan kadar kolesterol dalam darah
  4. Meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan
  5. Menekan penyebaran dan pertumbuhan sel tumor/kanker
  6. Membantu penyerapan nutrisi dan melancarkan pencernaan
  7. Melawan alergi dan peradangan
  8. Memperbaiki kerja usus dan pencernaan
  9. Mengontrol tekanan darah
  10. Menyeimbangkan enzim dan mikro organisme dalam tubuh
  11. Mengendalikan Hipertensi
  12. Memperbaiki kinerja saraf dan otak
Mengapa sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia ketika mengkonsumsi BIO HALTY ?
Kandungan mikroba pada BIO HALTY sangat baik bagi kesehatan tubuh kita karena BIO HALTY mampu sebagai :
  1. Cleansing yaitu membersihkan racun dalam darah kotor (kolestrol, asam urat, kencing manis dll) dan zat toksin yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman.
  2. Balancing yaitu menyeimbangkan kesehatan tubuh dan meyeimbangkan asupan gizi supaya organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.
  3. Protecting yaitu mampu memberikan efek perlindungan (imunitas) dari serangan penyakit.
  4. Diet yaitu membakar lemak dan mampu memperbaiki metabolisme serta menurunkan kadar kolesterol darah dan lemak tak jenuh di bawah kulit.
Pengertian Mikroba (Bakteri)
Menyebut kata “bakteri”, yang terbenang dalam benak kita adalah makhluk yang amat kecil dan menyebabkan penyakit, padahal tidak semua bakteri itu jahat. Yang baik juga banyak dan bahkan kita ternyata membutuhkan bakteri jahat dan bakteri baik, keduanya harus seimbang.
Mekanisme pertahanan tubuh yang merupakan garis terdepan dalam menghadapi serangan kuman (bakteri pathogen) adalah sistem kekebalan atau immunitas. Hasil riset menunjukkan bahwa 80 % pertahanan tubuh berasal dari pencernaan (perut). Usus bukan hanya berfungsi untuk penyerapan dan pencernaan makanan tetapi juga merupakan bagian dari sistem imun terbesar dalam tubuh yang mengatasi anti-gen dan zat yang berbahaya yang masuk.
Sedangkan bakteri sudah ada di bumi sejak satu milyar tahun yang lalu. Mereka hidup di air, tanah udara, tempat yang lembab, di dalam tubuh tumbuhan, hewan dan manusia. Bahkan menurut penelitian bahwa ternyata di dalam tubuh manusia dari ujung kepala sampai ujung kaki, terdapat paling sedikit 100 trilyun bakteri. Maka kalau ingin sehat dari ujung kepala sampai ujung kaki, perbanyaklah minum (konsumsi) minuman yang mengandung bakteri positif, salah satunya BIO HALTY merupakan minuman yang banyak mengandung bakteri positif.
Cara Perkembangan Bakteri
Bakteri berkembangbiak dengan cara membelah diri. Dalam suhu 22 – 35 derajat celcius, bakteri bisa membelah diri dari 1 menjadi 8 juta hanya dalam waktu 20 menit dan dalam waktu 12 jam bisa menjadi 7 milyard bakteri.
Dari teori tersebut manusia dalam posisi yang selalu terancam, melihat kenyataan ini para medis mengambil langkah dengan menyatakan perang dengan bakteri, memang bakteri bisa dikalahkan dengan antibiotika tetapi pada saat ini para medis merasa kewalahan dengan semakin beragamnya bakteri yang mereka hadapi.
Salah satunya adalah HIV, suatu penyakit yang menakutkan ketika kita mendengarnya. Untuk itu disamping kita memang mengharapkan para medis menemukan senjata yang ampuh untuk mengalahkan HIV belum bakteri yang lain, maka untuk mensikapi hal tersebut kami mengajak semua untuk mengobarkan bendera putih untuk bakteri (bersahabat untuk mencapai kemenangan) yaitu dengan bersahabat dengan bakteri positif, yang bisa menolong kita serta melindungi kita dari serangan bakteri pathogen.
Bakteri Menurut Fungsinya
  1. Bakteri Positif (sering disebut Probiotik).
  2. Bakteri Negatif.
Di dalam tubuh manusia, terutama yang mudah kita temui misalnya di dalam usus besar terdapat bakteri menguntungkan bagi kesehatan yang disebut Bakteri positif(Komensal). Sebaliknya ada pula bakteri berbahaya bagi kesehatan yang menyebabkan penyakit yang disebut Bakteri Patogen.
Bakteri baik (Positif) dan bakteri jahat (Negatif) di dalam tubuh manusia tidak dapat dihindari keberadaannya di dunia ini. Mereka hidup berdampingan dan akan saling mendesak manakala dukungan makanan berkurang. Ada sebuah kutipan yang menyatakan bahwa “masalah baru timbul apabila jumlah bakteri jahat, yaitu yang bersifat pathogen (penyebab penyakit) berlebihan”.
Kandungan Bakteri Positif yang Terdapat Dalam BIO HALTY
  • Lactobacillus Sp…………………… 1,5.1010 cfu/ml.
  • Bifidobacterium Sp………………… 2,3.1011 cfu/ml.

  • Lactobacillus SP.
Lactobacillus sp adalah mikroorganisme hidup, mirip dengan mikroorganisme yang menguntungkan yang ditemukan dalam usus manusia. Lactobacillus sp juga sering disebut ‘bakteri bersahabat’ atau ‘bakteri baik’. Bakteri baik sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh, untuk perlindungan terhadap mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit, dan untuk pencernaan serta penyerapan makanan dan nutrisi.
Untuk mengetahui bentuk dari bakteri Lactobacillus Sp lihat gambar di bawah ini:
Bakteri Lactobacillus dalam tubuh manusia mempunyai fungsi sebagai :
  1. Merubah laktosa dan gula menjadi asam laktat.
  2. Mempunyai sifat membusukkan untuk zat – zat yang tidak berguna.
  3. Asam laktat membuat sekelilingnya bersifat asam dan menghambat pertumbuhan bakteri lain.
  4. Mencegah perkembangan kanker dan HIV Aids.
  1. Pencegah Kanker Usus.
Lactobacillus adalah genus bakteri gram-positif, anaerobik fakultatif atau mikroaerofilik. Genus bakteri ini membentuk sebagian besar dari kelompok bakteri asam laktat, dinamakan demikian karena kebanyakan anggotanya dapat merubah laktosa dan gula lainnya menjadi asam laktat.. Dalam manusia, bakteri ini dapat ditemukan di dalam vagina dan sistem pencernaan, dimana mereka bersimbiosis dan merupakan sebagian kecil dari flora usus.
Lactobacillus sp dapat menetralkan racun, mencegah diare, kanker, radang paru-paru, menguatkan jantung dan mengurangi susah tidur. Sedangkan kandungan vitamin dalam biohalty bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, kekebalan tubuh dan mempertajam fungsi berpikir. Sedangkan kandungan mineral, seperti kalsium dan fosfor dalam yogurt berguna untuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis.
LactobacillusSP mampu menghasilkan zat antibiotika yang disebut bulgarikan. Zat ini berbeda dengan antibiotik yang biasa kita kenal. Antibiotik ini kerjanya lebih spesifik pada mikroorganisme yang merugikan saja sehingga berefek menguntungkan bagi kita. Sehingga apabila mengkonsumsi biohalty secara teratur dapat mengurangi resiko terjadinya kanker usus. Kanker usus dapat dideteksi setelah stadium lanjut sehingga lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan karena pengobatan yang dilakukan akan merusak usus.
  1. Mencegah Gigi Berlubang
Penelitian di International University – Barcelona Spanyol berhasil menemukan efek Lactobacillus sp pada radang gusi, bau mulut dan perkembangan rongga mulut. Lactobacillus sp menunjukkan hasil yang positif, untuk meningkatkan kesehatan mulut baik dikonsumsi sendiri atau sebagai bagian dari formula. Bakteri Lactobacillus Sp jugaini banyak ditemukan di manakan dan minuman.
Minuman dengan kandungan Lactobacillus sp  merupakan sumber yang baik untuk asupan nutrisi sehari-hari. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam Archives of Oral Biology Journal. Lactobacillus sp dapat meningkatkan resistensi terhadap penyakit menular, membantu keseimbangan bakteri perut dan meredakan gejala alergi serta dapat mengurangi resiko gigi berlubang dan penyakit gusi.
Nutrisi Lactobacillus sp merupakan bahan makanan tidak tercerna secara selektif, berfungsi merangsang pertumbuhan dan atau aktivitas mikroorganisme yang menguntungkan. Ketika Lactobacillus sp dicampur bersama-sama dengan nutrisinya, mereka membentuk suatu sinbiotik seperti pada Biohalty yang memberikan lebih banyak manfaat.
  • Bifidobacterium sp
Bifidobacteriumadalah organisme sakarolitik yang hidup di dalam usus besardan mampu menghasilkan asam laktat dan asam asetat tanpa CO2. Semua Bifidobacterium yang diisolasi dari manusia dapat menggunakan sumber karbon berupa sukrosa, glukosa, galaktosa, dan laktosa
Apabila tubuh memiliki Bifidobacterium dalam jumlah yang cukup, maka bakteri tersebut dapat menempel pada usus dan berkompetisi mendapatkan makanan dan tempat untuk hidup dengan organisme patogen lain, seperti Candida albicans,
Bakteri Patogen yang tidak dapat bertahan akan keluar dari dalam tubuh melalui saluran pencernaan.
Bifidobacteriumjuga dapat hidup di lokasi tanpa oksigen dan di lingkungan asam karena menghasilkan asam asetat dan asam laktat sehingga Tubuh akan terlindungi dari bakteri lain yang memerlukan oksigen atau lingkungan basa untuk hidup.
Bifidobacterium memiliki beberapa manfaat positif bagi kesehatan manusia, seperti mampu menghasilkan beberapa vitamin B-kompleks yang bermanfaat bagi tubuh, membantu pengaturan diet bagi sebagian manusia yang menderita kondisi liver tertentu, dan mencegah bakteri yang mengubah nitrat (pada air dan makanan) menjadi nitrit, yang merupakan penyebab kanker
Suhu optimal untuk pertumbuhan Bifidobacterium adalah 37-41 °C
Bifidobacterium yang banyak digunakan sebagai probiotik, yaitu
1.B. breve , 2.B. bifidum 3.B. infantis, 4.B. lactis, 5.B. longum,
  1. Bifidobacterium breve
  2. breve ditemukan pada saluran intestinal bagian bawah (meliputi sebagian besar usus kecil dan seluruh usus besar).[ Spesies ini telah diteliti dapat menghalangi pertumbuhan E. colisehingga dapat bermanfaat bagi penderita diare akibat infeksi E. coli.[
  3. Bifidobacterium bifidum
  4. bifidum dominan terdapat pada membran mukus di sekitar usus besar dimanfaatkan sebagai probiotik yang mampu meningkatkan asimilasi mineral yang penting untuk kesehatantulang, contohnya besi, kalsium, magnesium, dan seng.
  5. Bifidobacterium infantis
  6. infantis merupakan probiotik yang penting dan sering ditemukan pada saluran intestinal bagian bawah manusia. mempengaruhi sistem imun karena mampu menstimulasi agen imunomodulasi seperti sitokinin dan memiliki efek antibakteri terhadap patogen sepertiClostridiumShigella, dan Salmonella.
  7. Bifidobacterium lactis
  8. lactis ditemukan dalam jumlah besar di usus besar manusia. Spesies ini bermanfaat bagi penderita eksim, serta dapat meningkatkan imunitas tubuh , merupakan probiotik ppotensial karena tahan asam lambung dan garam empedu sehingga dapat sampai ke saluran pencernaan setelah dikonsumsi.
  9. Bifidobacterium longum
  10. longum memiliki aktivitas antimikroba yang efektif untuk mengobati diare dan penyakit mewabah lainnya. Selain itu, dapat juga menstimulasi sistem imun dan mencegah beberapa jenis kanker.

Artikel terkait